Pemuda Miliki Fungsi dan Peran Strategis

Tebingtinggi : Pemuda mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam pembaruan dan pembangunan bangsa, sehingga perlu dikembangkan potensi dan perannya melalui penyadaran pemberdayaan dan pengembangan sebagai bagian dari pembangunan nasional.

Hal itu disampaikan Plh Walikota Tebingtinggi Drs H Hadi Winarno pada acara penyerahan peserta Program Pertukaran Antar Pemuda (PPAP) Sulawesi Barat, DI Yogyakarta dan Sumatra Selatan dari Pemprovsu kepada Pemko Tebingtinggi Jum’at (10/6), di Gedung Balai Kartini Jalan Imam Bonjol Tebingtinggi.

Disebutkan, sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan yang menyatakan, bahwa pemuda adalah warga negara Indonesia yang berusia 16 sampai 30 tahun. “Pasal 13 disebutkan bahwa kepemudaan dimaksud menuntut pemerintah untuk bertanggung jawab melaksanakan penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan potensi Pemuda berdasarkan kewenangan dan tanggung jawab sesuai dengan karakteristik dan potensi daerah masing-masing”, ujar walikota.

Plh Walikota berpesan, kegiatan PPAP ini tidak saja sebagai sarana perekat berbagai keanekaragaman anak bangsa dalam memperkokoh semangat nasionalisme yang religius, namun juga sekaligus dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas pemuda dalam rangka membangun daya saing dan kemandirian ekonomi bangsa. “Kita berharap agar semua yang berperan dalam kegiatan ini dapat berpartisipasi secara optimal sehingga program ini betul-betul dirasakan manfaatnya oleh pemuda dalam pengembangan potensinya”, harap Walikota.

Program PAP tahun 2011 dengan thema ‘terwujud pemuda mandiri, kreatif, inovatif dan sadar lingkungan demi bangsa Indonesia yang maju’ tersebut merupakan wahana mempertemukan para pemuda terpilih dari seluruh provinsi di Indonesia. Kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam rangka memperkuat pembentukan karakter bangsa dan meningkatkan daya saing serta kemandirian pemuda.

Sedangkan program PAP bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, meningkatkan kesadaran dan rasa cinta tanah air, memahami keragaman seni budaya, meningkatkan keterampilan dan melatih kreatifitas pemuda menuju kemandirian,- (TIM)

About these ads

Tentang pwitebingtinggi

Persatuan Wartawan Indonesia
Tulisan ini dipublikasikan di RAGAM & HIBURAN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s