FKPM T.Tinggi Usulkan Revisi Perda Retribusi Daerah

Rapat Forum Gabungan SKPD yang melibatkan DPRD, Forum KPM dan LSM dalam menghadapi Musrenbang Tingkat Kota Tebingtinggi,

Tebingtinggi : Dalam menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2012, Forum Kader Pemberdayaan Masyarakat (FKPM) Kota Tebingtinggi mengusulkan agar Perda (peraturan daerah) tentang Retribusi Daerah di revisi ulang sebab sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

“Perda tentang penggunaan peralatan pada Dinas PU sudah tidak sesuai lagi, padahal sudah dua kali undang-undang pajak retribusi daerah berganti, namun Perda-nya masih juga tidak menyesuaikan, untuk itu Forum KPM mengusulkan agar Perda tersebut di revisi ulang”, usulan itu disampaikan Kordinator Forum Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Kota Tebingtinggi, Taufik Pardamean Sipayung didampingi Wakil Ketua Syahrial dan Humasy FKPM, Efendi Lubis pada saat Rapat Forum Gabungan SKPD, Kamis (10/3) di gedung Sekretariat Bappeda Jalan Delima Kota Tebingtinggi.

Gelar forum rapat gabungan SKPD dalam menghadapi Musrenbang Tingkat Kota Tebingtinggi itu melibatkan DPRD, KPM dan LSM, yang dibagi dalam forum SKPD Bidang Pendidikan, melibatkan Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga Kebudayaan dan Parawisata, Perpustakaan, Akbid, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP). Bidang Perekonomian melibatkan Dinas Kouperindag, Bagian Perekonomian, BPMK (Badan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan), Dinas Pertanian, Kantor Ketahanan Pangan dan Dinas Pendapatan.

Untuk Bidang Kesehatan melibatkan Dinas Kesehatan, IDI, IBI, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Ikatan Aneka profesi, Apoteker, PT Askes, Disosnaker, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak serta RSU dr Kumpulan Pane. Sedangkan untuk forum SKPD Bidang Pekerjaan Umum (PU) melibatkan Dinas PU, Dinas Perhubungan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) serta Kantor Lingkungan Hidup.

Lebih lanjut dikatakan Taufik bahwa Akbid (Akademi Kebidanan) juga salah satu potensi PAD yang dapat diberlakukan mengingat Akbid adalah perguruan tinggi milik pemerintah kota, jadi seluruh penerimaan yang ada di Akbid seharusnya dijadikan sumber pendapatan mengingat besarnya sumber dana APBD yang dikucurkan kepada perguruan tinggi tersebut.

Sedangkan untuk Badan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (BPMK), Forum KPM mengharapkan agar dalam menempatkan kepala kelurahan hendaknya orang-orang yang mengerti tata kelola pemerintahan kelurahan. “Masyarakat mendesak agar segera memberlakukan PP Nomor 73 Tahun 2005 tentang kelurahan, karena sudah banyak program pemerintah pusat yang dilaksanakan oleh kelurahan seperti UEDSP (Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam) pembuatan RPJM Kel (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kelurahan) yang dilaksanakan oleh BPMK”, papar Taufik Sipayung.

Menurut Sipayung , kualitas penyusunan Rencana Kerja (Renja) SKPD akan sangat menentukan kualitas pelayanan SKPD yang diberikan kepada masyarakat yang salah satu diantaranya sektor ekonomi, “Masih tingginya jumlah penduduk miskin yang merupakan kelompok rentan rawan pangan, berkurangnya lahan pertanian sawah akibat alih fungsi lahan serta bertambahnya jumlah penduduk, jelas berimplikasi terhadap menurunnya produksi beras di daerah ini, hal tersebut harus dapat disikapi dengan cermat dan cerdas, karena secara geografis Kota Tebingtinggi tidak memiliki lahan sawah yang cukup”, katanya.

Rapat forum gabungan SKPD yang dihadiri hampir seluruh pimpinan SKPD sejajaran Pemko Tebingtinggi itu dalam rangka menyusun program kegiatan dan anggaran yang terarah, terpadu dan berbasis kinerja dalam jangka waktu satu tahun ke depan, guna mensinergikan program dan kegiatan dalam mendukung pencapaian visi dan misi Pemerintah Kota Tebingtinggi,- (TIM)

Tentang pwitebingtinggi

Persatuan Wartawan Indonesia
Pos ini dipublikasikan di PERISTIWA & SEREMONI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s