Rapat Pleno KPUD : Pemungutan suara Ulang Pemilukada Ulang T.Tinggi 28 Juni 2011

* Terkait penetapan 5 Calon, Amril akan ajukan Gugatan ke MK

Tebingtinggi : Hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tebingtinggi tahun 2011 yang dihadiri empat dari lima anggota KPUD setempat, Rabu (4/5) menetapkan pemungutan suara ulang pemilihan kepala daerah Kota Tebingtinggi dijadwalkan pada tanggal 28 Juni 2011 dan akan di ikuti 5 (lima) pasangan calon.

Dasar dari penetapan keputusan tersebut adalah Peraturan KPU No.13 tahun 2010 Revisi 68 sesuai SK No.989/KPU-Prov-002/V/2011 tanggal 2 Mei 2011 dan KPU Pusat No.231/KPU/IV/2011 tanggal 28 April 2011” Kata Ketua KPUD Kota Tebingtinggi Wal Ashri S.Ag kepada sejumlah wartawandi kantor KPUD Jalan RSU Kota Tebingtinggi,Rabu sore (4/5).

Wal asri yang didampingi anggota KPUD lainya, Salmon Ginting, Maswarni dan Khoiruddin menjelaskan, Berdasarkan surat dari KPU Propinsi Sumut dan KPU Pusat, isi surat memerintah kepada KPUD Tebingtinggi untuk melaksanakan pemungutan suara ulang paling lambat Juni 2011, dan agar KPU melaksanakan verifikasi administrasi legal dan medic bagi calon pengganti.

“Jadi jelas, berdasarkan surat dari KPU Propinsi dan KPU Pusat, InsyaAllah kami akan mengadakan pemungutan suara ulang pada tanggal 28 Juni 2011 dan tahapan dimulai besok, Mei 2011”, jelas Wal Ashri, usai parat Pleno yang tanpa dihadiri mantan ketua KPUD hatta Ridho tersebut.

Jadwal Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah Kota Tebingtinggi, di awali dengan penyampaian jadwal tahapan PSU kepada masing-masing tim pemenangan pasangan calon sekaligus sosialisasi, selanjutnya pemberitahuan calon pengganti (H Moch Syafri Chap) oleh partai pengusung yakni Partai Golkar dan Partai Patriot. Pengajuan calon pengganti dilakukan selama 3 hari sedangkan verifikasi administrasi selama 4 hari, sedangkan penetapan calon dilakukan 17 Mei 2011. “Bila tidak memenuhi syarat normative maka akan langsung di diskualifikasi dan tidak ada perbaikan ulang berkas” terangnya.

Sedangkan mengenai besar anggaran pemungutan suara ulang pemilihan kepala daerah Kota Tebingtinggi tahun 2011, Ketua KPUD Tebingtinggi menyampaikan sebesar Rp 5,4 miliar, “Anggaran pemilukada ulang Kota Tebingtinggi sebesar Rp 5,4 miliar untuk dua putaran, diharapkan proses pelaksanaan Pemilukada Ulang Kota Tebingtinggi bisa berjalan sukses dan lancar” sebut Wal Asri.

Sementara itu terkait dengan hasil keputusan rapat pleno KPUD Tebingtinggi yang akan di ikuti oleh lima pasangan calon tersebut, ditempat terpisah, salah seorang calon Walikota Tebingtinggi, H Amril Harahap saat dihubungi wartawan mengaku akan mengajukan gugatan karena menyimpang dari amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Disinggung tentang keikut sertaan dirinya dalam PSU Pilkada Tebingtinggi yang akan digelar pada 28 Juni 2011 mendatang, Amril Harahap yang berpasangan dengan Irwandi Yusuf ini mengaku akan mengikutinya. “Kita akan mengikuti semua proses Pemilukada Ulang dan saat ini sedang melakukan konsolidasi dengan tim pemenangan”, ujar politisi Partai PIB ini.- (tim)

Tentang pwitebingtinggi

Persatuan Wartawan Indonesia
Pos ini dipublikasikan di POLITIK & PILKADA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s