Pemungutan Suara Ulang Pilkada T.Tinggi, Angka Golput Mencapai 45%.

Tebingtinggi : Angka golongan putih atau warga yang tidak menggunakan pilihannya diperkirakan mencapai 45 persen dari total pemilih pada pemungutan suara ulang Pilkada Kota Tebingtinggi, Selasa (28/6). Dari total pemilih 113.639 jiwa, hanya 62.403 orang yang menggunakan hak suaranya.

Sedangkan 51.236 orang tidak menggunakan hak pilihnya. Sedangkan dari hasil sementara, pasangan No.1 Umar Zunaidi Hasibuan-Irham Taufik, SH, MAP, unggul telak dari empat pasangan lainnya.

Dari pantauan, kehadiran warga di tempat pemungutan suara menunjukkan rendahnya minat menyoblos. Hal itu, diamati dari aliran warga yang datang secara sporadis untuk melaksanakan haknya. Umumnya TPS, jumlah warg ayang tidakmenggunakan haknya berada pada kisaran antara 45 hingga 50 persen. Misalnya di TPS 4 Perumahan Griya Prima, Kel. Tj. Marulak Kec. Rambutan, dari 256 pemilih, 49 kartu undangan memilih (C6) dikembalikan, karena si pemilik tak ada. Sedangkan pemilih hingga pukul 10.30 masih berkisar 79 orang. Kasus ini, terjadi merata di semua TPS.

Calon walikota Drs.H.Syahril Hafzein disela-sela peninjuan ke TPS, mengatakan ada beberapa faktor penyebab rendahnya partisipasi masyarakat dalam pemungutan suara ulang Pilkada. Yakni, terjadi tanda tanya besar di kalangan masyarakat terhadap proses pemungutan suara ulang. “Pertanyaan itu menimbulkan keraguan, sehingga warga jadi enggan ikut,” tegas Syahril Hafzein.

Demikian pula tidak dijalankannya putusan Mahkamah Konsitusi, sehingga terjadi hal-hal yang tak sesuai dengan hukum. “Saya kira ini pelajaran mahal bagi proses demokrasi di kota ini,” tegas dia.- (TIM)

Tentang pwitebingtinggi

Persatuan Wartawan Indonesia
Pos ini dipublikasikan di POLITIK & PILKADA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s