Jaringan Pencuri Rel Kereta Api Diringkus Buser Brimob

Tebingtinggi : Tim Buru Sergap (Buser) Brimobdasu Detasemen B Tebingtinggi berhasil membongkar jaringan pencuri rel kereta api, Minggu malam (24/7). Satu dari tiga tersangka berhasil diamankan petugas bersama barang bukti puluhan potongan rel yang sudah di cincang.

Salah seorang dari tiga tersangka yang tertangkap, Bsk (57) warga Dusun Delapan Desa Paya Pinang Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Serdang Bedagai, yang juga penjaga palang pintu di Sektor Lima Kelurahan Bagelen. Sedangkan yang berhasil kabur Fen dan Dar, keduanya warga Kisaran yang juga pekerja perbaikan rel kereta api di Kelurahan Bagelen Kota Tebingtinggi.

Keterangan diperoleh di Mako Brimobdasu Tebingtinggi menyebutkan, terbongkarnya kasus ini ketika Tim Buser Resmob Brimobdasu Detasemen B Tebingtinggi mendapat laporan adanya pencurian rel kereta api di Kelurahan Bagelen Kecamatan Padang Hilir Kota Tebingtingggi atau tepatnya di KM 82/700.

Petugas yang mendapat laporan langsung menuju TKP sekira pukul 22.00 Wib dan berhasil mengamankan tersangka Basuki yang saat itu sedang melangsir potongan rel kereta api yang sudah di cincang. Kepada petugas, tersangka mengaku ia hanya suruhan tersangka Fen dan Dar yang saat hendak ditangkap berhasil meloloskan diri.

Petugas Brimobdasu Detasemen B bersama Polsuska akhirnya mengevakuasi barang bukti potongan rel kereta api yang sudah di cincang dengan diameter 50 cm sebanyak 40 potong. Selain itu, petugas juga menyita barang bukti alat-alat yang digunakan tersangka untuk memotong rel diantarannya las karbit dan gas elfiji serta peralatan pendukung lainnya.

Menurut Kares Kereta Api atau Penanggung Jawab Rel Kereta Api Tebingtinggi – Tanjung Kasau, Syafrizal, rel yang di cincang merupakan rel kereta api cadangan, ”Rel-rel yang dicincang ini adalah rel kereta api cadangan yang sedang tidak digunakan” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Polsuska KA Tebingtinggi, Suciman, ketika dipertanyakan terlihat masih bingung untuk memberi jawaban, ia seolah tak percaya bahwa yang melakukan pencurian adalah karyawan PT KAI dan para pekerja yang sedang memperbaiki rel kereta api. Kini tersangka Basuki bersama barang bukti telah diserahkan ke Polres Tebingtinggi guna penyelidikan lebih lanjut,-

Tentang pwitebingtinggi

Persatuan Wartawan Indonesia
Pos ini dipublikasikan di HUKUM/KRIMINAL. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s