Walikota : Birokrasi Sebagai Abdi Masyarakat dan Abdi Negara

Tebingtinggi : Paradigma kepemerintahan saat ini menempatkan birokrasi sebagai abdi masyarakat dan abdi negera. Dengan demikian posisi aparatur Pemerintahan menjadi pelayanan dan fasilitator yang baik terutama dalam upaya mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia dalam melindungi mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.

Hal itu disampaikan Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM dihadapan ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejajaran Pemko Tebingtinggi saat upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional, Senin (19/9) di Lapangan Merdeka Jalan Dr Sutomo Kota Tebingtinggi.

Kepada seluruh PNS yang hadir, Umar juga mengingatkan, paradigma aparatur sebagai abdi masyarakat dan abdi Negara menuntut kejelian diri untuk senantiasa responsif terhadap harapan-harapan yang berkembang di masyarakat sehingga hasil-hasil pembangunan akan memberi dampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Perencanaan pembangunan yang dimulai dari tingkat kelurahan sampai tingkat kota harus mampu mengakomodasikan aspirasi masyarakat tanpa kehilangan sinergitas dengan program-program yang menjadi prioritas dan unggulan pemerintah pusat, propinsi dan pemerintah daerah”, imbuhnya.

Lebih lanjut Walikota meminta agar setiap SKPD dilingkungan pemerintahan kota mulai dari tahap perencanaan agar melakukan kajian secara mendalam baik secara administratif, maupun normatif dengan memperhatikan berbagai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku supaya tidak tersandung masalah. Karena melaksanakan tugas kedinasan dengan baik sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku merupakan salah satu upaya mencapai kebenaran malalui ilmu pengetahuan yang dimiliki.

“Kita harus bisa membuktikan kepada masyarakat bahwa kita benar-benar serius dalam memberikan pelayanan kepada mereka sehingga kepercayaan yang benar dari mereka kepada kita dapat kita raih. Kepercayaan (trust) dari mereka adalah merupakan suatu modal sosial (social capital) yang sangat penting bagi kita dalam menjalankan fungsi pemerintahan” terang Umar Zunaidi Hasibuan,-

Tentang pwitebingtinggi

Persatuan Wartawan Indonesia
Pos ini dipublikasikan di PELAYANAN/BIROKRASI. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s