Lintasan KA Jln Gunung Arjuna T.Tinggi Rawan Kecelakaan

Bangunan Ruko Tanpa IMB Halangi Jarak Pandang

Tebingtinggi : Lintasan Kereta Api di Lingk.IV Jalan Gunung Arjuna Kelurahan Mekar Sentosa (Mentos) Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi rawan kecelakaan. Pasalnya, selain tidak memiliki palang pintu neng-nong, dikawasan itu juga berdiri satu unit bangunan semi permanent berbentuk ruko (rumah toko – red).

Pantauan wartawan dilokasi, Senin (24/10), para pelintas dan warga setempat mengaku resah dengan berdirinya bangunan ruko yang hanya berjarak sekitar ± 5 (lima) meter dari pinggiran rel kereta api itu. “Sejak ada bangunan ruko disana, jarak pandang para pengguna jalan yang melintasi rel jadi terganggu, sehingga warga tidak tahu ketika ada kereta api yang datang dari arah Tebingtinggi menuju Medan”, ungkap M Hasbie Ashshiddiqi warga Lingk.I Jalan Gunung Arjuna Kelurahan Mentos Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi.

Menurut Hasbie, sejak berdirinya bangunan tersebut, kejadian nyaris tabrakan sering dialami para pelintas jalan dikarenakan jarak pandang yang tidak tampak datangnya kereta api dari arah Tebingtinggi menuju Medan. “Hal itu disebabkan tidak ada tanda palang ditambah dengan berdirinya bangunan ruko yang berada di kawasan pinggiran rel, sehingga mengganggu jarak pandang kita” ungkapnya.

Hasbie yang juga Tokoh Masyarakat Kelurahan Mekar sentosa dan Kasubbag Agama di Bagian Kesra Pemko Tebingtinggi ini menambahkan, bangunan ruko yang berada di kawasan pinggiran rel KA tersebut diketahui tidak memiliki Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Bahkan, mantan Lurah Mentos sudah beberapa kali menelpon Camat Rambutan untuk mempertanyakan keberadaan bangunan ruko tersebut.

Terkait bangunan ruko tanpa IMB tersebut, Kepala Kelurahan Mekar Sentosa, Juniastuti, saat di konfirmasi wartawan mengakui bahwa bangunan ruko tersebut tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pihak kelurahan tidak mau mengeluarkan rekomendasi untuk pengurusan IMB, karena tanah tersebut merupakan milik PJKA.

“Pihak kelurahan tidak mau mengeluarkan rekomendasi IMB, karena tanah tersebut adalah miliki PJKA. Saya selaku kepala kelurahan tidak mau nantinya menjadi permasalahan di belakang hari. Namun begitu pun, si pemilik bangunan yang menyewa lahan pada pihak PJKA tetap mendirikan bangunannya”, kata Lurah Mentos tersebut,-

Tentang pwitebingtinggi

Persatuan Wartawan Indonesia
Pos ini dipublikasikan di HUKUM/KRIMINAL. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s